Kamis, 07 Januari 2010

Paving Block


Paving block sering kali turun sehingga permukaan tidak rata. Biasanya terjadi pada paving block yang sering dilalui kendaraan. Bagaimana agar tidak sampai terjadi hal seperti ini?
Sebelum paving block kita pasang, lahan harus kita persiapkan terlebih dahulu, bersihkan dan buang lapisan tanah atas yang lunak, kemudian dipadatkan dengan stamper atau untuk area yang luas bisa menggunakan roller. Untuk pemadatan yang baik tanah jangan terlalu kering, tapi juga jangan terlampau basah, istilah tekniknya mendekati optimum moisture content. Setelah dipadatkan, beri lapisan pasir dengan tebal minimum 50 mm.

Setelah lahan siap, barulah paving dipasang secara rapat. Pada tepi-tepi area paving, berikan ban-banan bisa terbuat dari pasangan bata yang di plester, lebih bagus lagi dengan balok beton kecil dengan tulangan memanjang untuk mencegah retak. Fungsinya untuk menjaga agar paving tidak bergeser. Berikutnya taburkan dan ratakan butiran pasir yang halus untuk mengisi / interlock permukaan samping paving block satu dan lainnya sehingga mencegah adanya pergerakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar