Rabu, 06 Januari 2010

Selimut / Cover Beton

Selimut beton / cover beton / daging beton adalah daerah beton terluar setelah tulangan, sedangkan daerah beton dalam tulangan ikat / ties / stirrup / beugel adalah inti beton. Apa kegunaan dari selimut beton?

Tulangan yang tidak terlindung dengan baik dengan selimut beton akan sangat mudah sekali terserang korosi. Korosi akan memakan penampang tulangan sehingga kapasitas tariknya akan berkurang. Apabila kapasitasnya sudah tidak cukup dalam menahan gaya tarik yang terjadi maka yang terjadi adalah kegagalan struktur yang tentu tidak kita harapkan. Selimut beton pada struktur yang terlindung dari cuaca misalnya pelat, balok kolom interior (dalam) secara umum membutuhkan minimal 20mm jarak terluar beton sampai bertemu dengan tulangan. Untuk struktur yang terekspos oleh cuaca / udara luar membutuhkan selimut beton yang lebih tebal, juga untuk struktur yang berhubungan langsung dengan tanah dan air tanah.
Daerah dekat pantai membutuhkan selimut lebih tebal, karena kemungkinan korosi akan jauh lebih besar, untuk daerah interior bisa membutuhkan sampai 40mm.

Kegunaan lain dari selimut beton adalah untuk fire rating, atau berapa lama struktur mampu bertahan dalam kekuatan dan integritasnya pada saat terjadi kebakaran. Tulangan sangat sensitif terhadap perubahan suhu yang drastis, yang akan menurunkan kuat leleh baja tulangan. Dan apabila kuat leleh berkurang, maka kapasitasnya pun berkurang sehingga tidak mampu menahan gaya tarik yang terjadi dan mengakibatkan kegagalan struktur. Selimut beton akan terpanggang oleh api pertama kali dan akan mengalami retak dan pecah apabila terekspos api dengan suhu tinggi. Setelah selimut beton lepas barulah tulangan langsung terekspos oleh api. Fire rating tergantung dari mutu beton dan tebal selimut beton, semakin tebal selimut beton makin lama, dalam desain code kira-kira 60 atau 90 menit. Waktu ini diperlukan agar dapat dilakukan evakuasi pada saat kebakaran sebelum gedung mengalami kerusakan atau bahkan kegagalan / keruntuhan struktur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar